Sabtu, 01 Desember 2012

Menyontek



Menyontek adalah rahasia umum yang paling popular dari kalangan pelajar. Bukan hal yang baru bila pelajar tidak lagi menjawab pertanyaan dengan kemampuan mereka sendiri. Apalagi mereka yang memiliki kekurangan dalam hal belajar.
Perlu diketahui menyontek adalah jalan yang sangat tidak baik. Meskipun pelajar tidak mungkin dapat menguasai semua mata pelajaran, itu tidak boleh menjadi alasan dasar menyontek. Pelajar khususnya remaja harusnya sudah mampu menyesuaikan diri dengan pelajaran yang dibahas di sekolah.
 Menyontek bukan hal yang salah apabila tidak terlewat batas. Menyontek diluar batas adalah menyontek semua mata pelajaran tanpa memikirkan gunanya belajar. Pelajar khususnya remaja harusnya sadar bahwa orangtuanya telah menghabiskan uang agar anaknya bisa belajar.
Sebaiknya pelajar harus dapat belajar lebih giat dan mampu mengatur waktu dengan sebaik-baiknya. Apabila ada pelajaran yang digemari, gemarilah dengan sungguh-sungguh. Selain itu sebaiknya berteman dengan mereka yang memberi hal positif dalam berbagai bidang. Saat menyontek sebaiknya itu hal yang sangat tidak diketahui. Selain itu hindari menyontek pertanyaan yang sama untuk kedua kalinya. Jangan lupa untuk selalu berdo’a agar pikiran kita selalu terbuka.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar